Info

TAB 3

Senin, 05 Agustus 2013

Kuliah? Milih jurusan apa, di mana?

Assalamualaikum Sobat PL, selamat siang :) Gimana kabarnya nih sob? Kali ini saya akan post dengan tema "kuliah". Siapa di antara Sobat PL yang sekarang sedang kebingungan buat nanti kuliah di mana? Mungkin ada di antara Sobat PL yang sekarang sudah menincak kelas 3 SMA, tapi masih belum tahu nanti harus kuliah di mana? Kali ini saya akan berikan sedikit Tips gimana sih cara milih PT (perguruan tinggi) dan jurusan yang tepat. Jangan sampai Sobat PL nanti salah milih jurusan lho.

Kalo menurut Om Wikipedia nih, kuliah mempunyai arti "pelajaran yang diberikan" atau "ceramah". Namun pada umumnya kata "kuliah" dikaitkan dengan perguruan tinggi atau pendidikan tinggi yang sering diartikan sebagai proses belajar atau proses pembelajaran.

Nah, gimana persiapan Sobat PL sekarang ini buat nanti kuliah? Belum ada persiapan? Kalo belum, sebaiknya harus dipersiapkan SEKARANG JUGA. Soalnya kuliahmu nanti itu menentukan masa depanmu nanti mau jadi apa. Emang apa aja sob yang harus disiapin dari sekarang? Pertama-tama, tentuin dulu nanti mau kuliah di PT mana dan jurusan apa.

Kuliah di mana sob yang paling enak? Sebenernya memang di mana-mana enak, asal niat kita kuliahnya hehe :D . Tapi kalau sobat-sobat pengen kuliah di Perguruan Tinggi yang diminati orang-orang, coba lihat deh ini, 50 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics:

1. Universitas Gadjah Mada (peringkat 379 dunia)            
2. Universitas Indonesia  (peringkat 507 dunia)          
3. Institut Teknologi Bandung (568 dunia)
4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (582 dunia)            
5. Universitas Pendidikan Indonesia (630 dunia)
6. Universitas Gunadarma (740 dunia)      
7. Institut Pertanian Bogor (764 dunia)      
8. Universitas Brawijaya (837 dunia)        
9. Universitas Sebelas Maret (883 dunia)        
10. Universitas Diponegoro (948 dunia)        
11. Universitas Airlangga (988 dunia)        
12. Universitas Padjajaran (990 dunia)
13. Universitas Hasanuddin (1.230 dunia)
14. Universitas Sriwijaya (1.263 dunia)      
15. Universitas Mercu Buana (1.277 dunia)    
16. Universitas Negeri Malang (1.435 dunia)        
17. Universitas Islam Indonesia (1.463 dunia)  
18. Universitas Muhammadiyah Malang (1.492 dunia)
19. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (1.543 dunia)
20. Universitas Kristen Petra (1.564 dunia)        
21. Universitas Komputer Indonesia/UNIKOM (1.637 dunia)
22. Universitas Ahmad Dahlan (1.652 dunia)        
23. Universitas Bina Nusantara (1.666)        
24. Universitas Udayana (1.668)        
25. Universitas Muhammadiyah Surakarta (1.687)
26. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (1.734)
27. Universitas Andalas (1.751)      
28. Universitas Lampung (1.765)        
29. Universitas Sumatera Utara (1.853)        
30. Universitas Negeri Yogyakarta (1.854)      
31. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (2.084)
32. Universitas Esa Unggul (2.121)
33. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM (2.284)
34. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (2.365)
35. Universitas Negeri Semarang (2.397)
36. Universitas Surabaya (2.428)        
37. Universitas Trisakti (2.443)        
38. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta (2.764)
39. Universitas Narotama (2.809)
40. Universitas Pendidikan Ganesha (2.884)        
41. Universitas Dian Nuswantoro (2.987)        
42. Universitas Terbuka (3.000)        
43. Universitas Jenderal Soedirman (3.182)        
44. Institut Sains & Teknologi Akprind (3.322)      
45. Institut Teknologi Telkom (3.451)
46. Universitas Negeri Papua (3.497)        
47. Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel (3.665)
48. Universitas Pancasila (3.665)        
49. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (3.717)
50. Universitas Negeri Padang (3.725)

Wah banyak juga ya PT yang ada di Indonesia, tapi apa bedanya tuh sob ama Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik bahkan ada yang namanya Akademi? Bedanya apa sob? Ini nih:

  • Universitas yaitu salah satu bentuk perguruan tinggi yang mana di dalam universitas terdapat berbagai fakultas yang terdiri dari beberapa jurusan. Universitas menyediakan program diploma, sarjana, magister, dan doktor.
  • Institut yaitu salah satu bentuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang hanya terdiri dari satu fakultas saja dan menyediakan program diploma, sarjana. Di dalam sebuah institut, yang hanya terdiri dari satu fakultas saja, ada beberapa jurusan yang bisa dipilih.
  • Sekolah Tinggi yaitu salah satu bentuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang hanya terdiri dari satu fakultas saja dan hanya menyediakan program diploma
  • Politeknik yaitu salah satu bentuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang hanya terdiri dari satu fakultas saja dan hanya menyediakan program diploma. Sistem pendidikan yang dipakai dalam politeknik adalah sistem paket
  • Akademi yaitu salah satu bentuk perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang hanya terdiri dari satu fakultas saja dan hanya menyediakan program diploma.

Soo.. udah kebayang gak Sobat PL tentang perguruan tinggi yang bakal dikuliahin sobat? Tapi inget juga yah, kalo PT yang sobat minati harus mudah diakses. Lihat juga faktor ekonomi sobat, memadai tidak? Kalo emang gak, coba cari beasiswa :)

Masih bingung juga? Buat saja prioritas. Prioritas, apa itu sob? Jadi kayak gini, misalnya PT pilihan pertama kamu di ITB, kedua di UNPAD. Bandingkan mana yang bagus, terus jurusan yang sobat sukai ada gak di PT itu?

Yang selanjutnya adalah penentuan minat. Setiap orang memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing. Misalnya kamu suka pelajaran Fisika, berarti sobat bisa ngembangin Fisika kamu di jurusan Fisika di kuliah nanti. Atau kamu suka aplikasi dari Fisika itu? Berarti sobat bisa memilih berbagai jurusan mengenai terapan fisika, kayak Teknik Nuklir, Fisika Inti, dll.

Jangan sampe sobat milih jurusan karena faktor lain, kaya ngikutin temen. Temen ke jurusan itu, kita juga ikut ke jurusan itu, karena takut gak punya temen nanti di kuliahhnya. Hah? Jangan sampe sobat mikir kayak gitu. Kalo temenmu itu milih Jurusan Arsitek karena ia jago menggambar, sedangkan kamu lemah sekali dalam menggambar ikut-ikutan ke jurusan itu? Memilih jurusan harus karena minat sob, bukan ikut-ikutan temen.

Faktor lainnya adalah karena "ngetren". Maksudnya sob? Misalnya gini nih, sekarang jurusan yang sedang ngetren itu Kedokteran, karena kerjanya gampang dicari, gajinya lumayan gede, dll. Tapi kalo sobat lemah di pelajaran Biologi, malahan sering remed ketika ulangan, kayaknya jangan milih jurusan itu deh sob. Dan harus saya ingatkan sekali lagi, memilih jurusan harus karena minat, bukan ngetren.

Mungkin sekian sob post kali ini. Sobat masih penasaran tentang apa aja jurusan-jurusan yang banyak diminati dan kuliah itu gimana sih? Tunggu post lain hari :)

PeJhes Lounge ingin mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1434 H MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN. Mohon maaf bila selama ini ada kesalahan, apalagi saya yang jarang ngepost ni blog :)

Post yang lain:


Jika anda ingin mengcopy Artikel "Kuliah? Milih jurusan apa, di mana?" , dimohon untuk mencantumkan sumbernya!

Ingin berlangganan Artikel ke E-mail Anda? Silahkan masukan E-mail anda di bawah ini...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Comments :

1

:) terimakasih telah beri motivasi dan informasi yang akurat

Anonim mengatakan...
on 

Posting Komentar